Selamat Datang di Blog ONE (BLOG DO-FOLLOW), Please leave comment, I will follow you...100% guarante!!!!!!!ALON-ALON ASAL KELAKON

Rabu, 06 April 2011

Pantai Sepanjang Balikpapan-Samarinda

Pantai Sepanjang Balikpapan-Samarinda

MENGUNJUNGI kota Balikpapan di Kalimantan Timur tidak lengkap tanpa singgah di pantai sepanjang jalan balikpapan – samarinda. Ada beberapa pantai yang menjadi tujuan favorit diantaranya pantai manggar, pantai lamaru dan pantai Tanjung Harapan.

Pantai Manggar
Pantai manggar memiliki luas 13.000 meter persegi ini bersih dan terawat. Berbagai fasilitas dan tempat istirahat untuk para pengunjung juga tersedia. Ini semua untuk menjamin kenyamanan Anda saat berlibur ke pantai ini.

Pantai Manggar merupakan tempat untuk kegiatan rekreasi yang menyenangkan untuk bepergian seorang untuk untuk keluarga. Gelombang laut yang tidak begitu besar sangat pas untuk berenang, bermain perahu karet ataupun melakukan kegiatan air lainnya dengan jaminan rasa aman.

Air laut yang biru dengan hamparan pasir putih yang luas juga akan memanjakan mata Anda saat bersantai di bawah pepohonan yang rimbun.

Pantai Manggar mudah dijangkau karena terletak sekitar 22 kilometer dari pusat kota Balikpapan atau 9 Kilometer dari Sepinggan. Ibu kota Kalimantan Timur adalah Samarinda tetapi akses masuk ke Kalimantan timur adalah Balikpapan dan Sepinggan merupakan bandar udara utama di propinsi ini.

Perjalanan menuju pantai akan memakan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan mobil dari Balikpapan. Anda juga bisa menggunakan transportasi umum nomer 7 dari terminal bus Damai dan setelah sampai di pemberhentian tinggal melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 200 meter menuju pantai.

Anda bisa dengan mudah menemukan pantai Manggar karena banyak papan penjelasan yang dipasang di banyak daerah.

Pantai Lamaru
Pantai Lamaru terletak tidak jauh dari pantai manggar, sekitar 10 menit dari pantai manggar. Pantai ini lebih bersih daripada pantai manggar. Pantai ini juga terletak dekat dengan penangkaran buaya teritip.

Sepanjang pantai Lamaru setelah batas bibir pantai berpasir, ditutupi oleh pepohonan yang rindang. Di bawah pepohonan inilah warung-warung beratap rumbia atau daun nipah berjejer sepanjang pesisir-nya pantai Lamaru. Warung-warung tersebut umumnya menjajakan makanan dengan menu utama seperti nasi ayam, soto banjar, atau ikan bakar yang tentu dilengkapi dengan berbagai jus berbagai rasa.

Yang menarik untuk penggemar kelapa muda, hampir semua warung di pantai Lamaru menjual kelapa muda yang cukup segar. Dengan uang lima ribu rupiah, Anda bisa menikmati kelapa muda, terserah mau pakai es, gula pasir, atau bahkan dengan gula merah dari Sulawesi.

Sayang kontras dengan keindahan pantainya jalan akses ke pantai Lamaru sangat jelek. Selain bergelombang dan belum diberikan pengerasan, jalan ini akan sangat berdebu di saat kering dan menjadi becek setelah turun hujan. Kondisi ini tentu akan mengecilkan minat pengunjung. Selain itu sampah-sampah masih terlihat berserakan di sekitar pantai, yang “membersihkannya” umumnya adalah pemulung plastik atau kaleng bekas minuman, atau pemilik warung yang hanya membersihkan sampah pengunjungnya saja



Pantai Tanjung Harapan
Pantai Tanjung Harapan atau lebih dikenal dengan nama Pantai Tanah Merah. Walaupun secara geografis Pantai Tanah Merah masuk dalam wilayah Kutai Kartanegara, namun tidak ada salahnya bagi anda yang sedang di Kota Balikpapan untuk mengunjungi obyek wisata yang satu ini.
Pantai Tanah Merah letaknya sekitar 60 km dari Kota Balikpapan atau sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Akses jalan untuk menuju lokasi wisata cukup bagus karena jalan sudah diaspal dan tidak banyak jalan berlubang. Untuk tiket masuk, anda cukup membayar Rp 3.000,- / orang dan Rp 5.000,- / kendaraan bermotor.
Pantai yang berpasir putih ini didominasi oleh pohon cemara yang tumbuh dengan rimbun di sekitar kawasan pantai. Hal ini cukup membantu para pengunjung karena bisa menghalau panas teriknya matahari. Bagi yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan pantai, disini terdapat semacam gazebo yang bisa anda gunakan bersama keluarga.

,- Tak jauh dari kondisi tempat-tempat wisata di Indonesia, masalah klasik adalah pengelolaan dan pemeliharan yang tidak  diperhatikan sehingga membuat tempat wisata terkesan kumuh dan jorok.
 


Translate english version for my nextdoor home work

VISITING Balikpapan in East Kalimantan not complete without a stop at beaches along the way balikpapan - samarinda. There are several beaches that became a favorite destination among beach Manggar, Lamaru beaches and Tanjung Harapan Beach.

Manggar Beach
Manggar Beach
has an area of
​​13,000 square meters is clean and well maintained. Various facilities and rest area for visitors is also available. This is all to ensure your comfort while on vacation to the beach.

Manggar Beach is a place for recreational activity that is fun to travel to for a family. Ocean waves are not very fit so great for swimming, playing rubber boats or other water activities with safe.

Sea water is blue with wide white sand that also will pamper your eyes while relaxing in the lush tree.

Manggar beach easily accessible because it is located approximately 22 miles from Balikpapan or 9 Kilometers from Sepinggan. The capital of Samarinda in East Kalimantan is but access to the east is Borneo Balikpapan and Sepinggan is the main airport in the province.

The trip to the beach will take about 20 minutes by car from Balikpapan. You can also use public transport bus number 7 from the “Damai” terminal after arriving and stop living to continue on foot as far as 200 meters to the beach.

You can easily find a beach Manggar because many explanations boards installed in many areas.

Lamaru Beach
Lamaru Beach
is located not far from the Manggar beach, about 10 minutes from the beach Manggar. The beach is cleaner than the Manggar beach. This beach is also located close to a crocodile captivity “Teritip”.

Along the coast Lamaru after a sandy beach, covered by trees that shade. Under these trees stalls or thatched palm leaves lined beaches along its coast Lamaru. Shops are generally selling food to the main menu such as chicken rice, soto banjar, or grilled fish which of course comes with a variety of different flavors of juice.

What is interesting for fans of young coconut, almost all the stalls on the beach Lamaru sell a fairly fresh young coconut. With the money of five thousand rupiah, you can enjoy the young coconut, it's up to want to use ice, sugar, or even with red sugar from Sulawesi.

Unfortunately in contrast to the beauty of its beach access road to the beach Lamaru very ugly. In addition to hardening of the corrugated and has not been given, this road will be very dusty when dry and become muddy after rain. This condition will certainly decrease the interest of visitors. In addition, the waste is still seen strewn around the beach, a "clean" are generally scavengers plastic or tin cans drink, or shop owner who just clean up the garbage just visitors



Tanjung Harapan Beach
Tanjung Harapan Beach or  known as Tanah Merah Beach. Although geographically Tanah Merah Coast entered the territory of Kutai Kertanegara, but it would not hurt for those of you who are in Balikpapan to visit the attractions on this one.

Tanah Merah Beach is located about 60 km from the city of Balikpapan, or about 1 hour away by motor vehicle. Access roads to the tourist sites is good, because the road is paved and not a lot of holes in the road. For admission, you just pay Rp 3,000, - / person and Rp 5,000, - / motor vehicles.

White sand beaches are dominated by pine trees that grow around the lush coastal areas. This is quite helpful to the visitors because they can dispel heat hot sun. For those who want to relax while enjoying views of the coast, here there is a kind of gazebo you can use with family.

, - Not far from the tourist attractions in Indonesia, the classic problem is the management and maintenance are not considered so as to make the resorts seem shabby and dirty.








Related Posts by Categories

1 comments:

sejarah pantai parangtritis yogyakarta mengatakan...

nama pantainya mirip nama pantai di jogja. Sepanjang.

Posting Komentar