Selamat Datang di Blog ONE (BLOG DO-FOLLOW), Please leave comment, I will follow you...100% guarante!!!!!!!ALON-ALON ASAL KELAKON

Jumat, 13 Mei 2011

Amazing Borobudur


Candi Borobudur, adalah tujuan favorit ketika masih sekolah dasar, maka magelang/ jogja adalah tempat yang wajib dikunjungi ketika pengumuman kelulusan Ebtanas. dan mungkin bukan cuma SD-ku tapi hampir semua SD/ SMP yang berada di daerah jawa tengah, jawa timur ataupun dari jawa barat. hihihi, pengalaman yang menyenangkan ketika masih kecil...kapan mau kesana lagi, mengenang masa kecil...hehehe

Letak
Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Secara astronomis terletak di 70.361.2811 LS dan 1100.121.1311 BT. Lingkungan geografis Candi Borobudur dikelilingi oleh Gunung Merapi dan Merbabu di sebelah Timur, Gunung Sindoro dan Sumbing di sebelah Utara, dan pegunungan Menoreh di sebelah Selatan, serta terletak di antara Sungai Progo dan Elo. Candi Borobudur didirikan di atas bukit yang telah dimodifikasi, dengan ketinggian 265 dpl.
Bentuk Bangunan
- Denah Candi Borobudur ukuran panjang 121,66 meter dan lebar 121,38 meter.
- Tinggi 35,40 meter.
- Susunan bangunan berupa 9 teras berundak dan sebuah stupa induk di puncaknya. Terdiri dari 6 teras berdenah persegi dan3 teras berdenah lingkaran.
- Pembagian vertikal secara filosofis meliputi tingkat Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu.
- Pembagian vertikal secara teknis meliputi bagian bawah, tengah, dan atas.
- Terdapat tangga naik di keempat penjuru utama dengan pintu masuk utama sebelah timur dengan ber-pradaksina.
- Batu-batu Candi Borobudur berasal dari sungai di sekitar Borobudur dengan volume seluruhnya sekitar 55.000 meter persegi (kira-kira 2.000.000 potong batu)














Related Posts by Categories

2 comments:

Windows 7 Blog mengatakan...

ini adalah sejarah yg harus dilindungi dan dipelihara oleh kita semua...

myone1way mengatakan...

Windows 7 Blog : yoi sob, kebanggaan bersama

Posting Komentar