Selamat Datang di Blog ONE (BLOG DO-FOLLOW), Please leave comment, I will follow you...100% guarante!!!!!!!ALON-ALON ASAL KELAKON

Kamis, 26 Mei 2011

Bandeng Presto Juwana oleh-oleh dari “Semarang”

Kota Lumpia adalah julukan bagi kota Semarang, tak salah karena memang penjual Lumpia di kota ini bisa kita temui dimana-mana, mulai dari stasiun poncol, stasiun tawang, terminal terboyo hingga tempat-tempat penjual oleh-oleh. Namun ada salah satu panganan khas dari kota ini yang ternyata bukan berasal dari kota Semarang. Oleh-oleh tersebut bahkan menjadi brand di kota Semarang, spanduk dan pamflet besar merek tersebut membentang ramai di jalan pandanaran.

Apalagi kalu bukan “Bandeng Presto Juwana”, oleh-oleh ikan duri lunak ini sudah terlanjur terkenal sebagai panganan khas dari semarang. Rasanya yang gurih dan rempah-rempah bumbunya yang merasuk ke dalam ikan bandeng membuat ikan ini begitu nikmat apalagi ditambah dengan duri lunaknya yang langsung bisa kita makan tanpa takut terkena duri. Bandeng ini dimasak didalam panci bertekanan tinggi yang disebut dengan presto sehingga durinya menjadi sangat lunak dan bumbu yang ditaburkan pun bisa merasuk ke dalam ikan bandeng. Bandeng ini kemudian dikemas dalam kemasan kedap udara sehingga bisa tahan berhari-hari tanpa mengurangi rasanya.

Namun tahukah anda bahwa bandeng ini bukan berasal dari kota Semarang. Asal dari bandeng yang terkenal tersebut adalah dari Juwana, sesuai dengan embel-embel namanya. Kota ini terletak 80.km dari semarang, dapat ditempuh 2 jam menggunakan bus umum. Kota Juwana yang terletak di kabupaten Pati memang terkenal akan hasil budidaya tambak, tak hanya bandeng namun juga udang. Kelebihan bandeng dari kota Juwana adalah bandeng-nya tidak terasa berlumpur seperti bandeng produksi dari daerah lain, sehingga Bandeng Presto Juwana menjadi populer dan menjadi brand merek bandeng di Jawa Tengah. Di kota ini pun kios oleh-oleh penjual bandeng tersebar di seluruh penjuru kota.

Jadi jangan lupa jika berkunjung ke Semarang untuk mampir ke jalan Pandanaran untuk membawa “Bandeng Presto Juwana “.

Related Posts by Categories

10 comments:

rizki mengatakan...

yummmyyy

myone1way mengatakan...

rizki : ke semarang sob...

Tukang Pamer mengatakan...

haha, makananan pati ngetrend euy..
wkwkwk

Boku no Blog mengatakan...

Wah kalo pergi kesemarang, gak lengkap rasanya kalo tidak beli oleh2 Bandeng Presto.
Mantabbbs

must_once mengatakan...

Kirim ke Nganjuk siji wae he he he

Nadila ernesta | Insanitis 37 mengatakan...

Waaaaahhhh, udah baca artikel ini sy jd ngidam mendadak nih, heheheh
Happy week end mas :)

Baiu Si Kurniawan mengatakan...

Enak tenan

Kebarongan mengatakan...

Ingat masih di Semarang tepo doeloe.

myone1way mengatakan...

Tukang Pamer : musti dunk...sekalian promosi
Boku no Blog : main sob k semarang
must_once : rugi ongkos kirimnya pak
Nadila ernesta | Insanitis 37 : anak keberpa nih ? wkwk
Baiu Si Kurniawan : pasti sob
Kebarongan : pernah k semarang tho pak ?

Zhivana Lethisia Putri mengatakan...

Bagi yang bingung ingin membuka usaha presto silahkan klik Sukses Usaha Presto Dengan Menggunakan Panci Presto Semoga Sukses. :)

Posting Komentar