Selamat Datang di Blog ONE (BLOG DO-FOLLOW), Please leave comment, I will follow you...100% guarante!!!!!!!ALON-ALON ASAL KELAKON

Selasa, 24 Mei 2011

Candu "Nasi Gandul" khas Pati


Pati adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur pantura Jawa. Salah satu kuliner yang paling terkenal akan rasa enaknya adalah nasi gandul. Makanan ini kita dapat menemuinya di sekitar alon-alon kota maupun di depan stadion Pati. Nasi gandul hampir mirip dengan soto yang mempunyai kuah yang sangat terasa gurih dan pedas.

Makanan khas Pati ini disajikan diatas piring yang dilapisi dengan daun pisang. Nasi Gandul disiram kuah yang sangat kental akan rempah-rempah dan mengandung santan yang berwarna coklat. Rasanya didominasi oleh rasa daging sapi, lidah sapi, usus sapi, daging sapi, paru sapi, hati sapi di potong-potong dengan gunting yang menjadi ciri khas tersendiri di kota dimanapun penjual nasi gandul membuka warung.

Bumbu rempahnya akan terasa gurih pedes seperti makanan gulai yang membuat keringat bercucuran. Daging sapi yang digunting tipis terlihat tekstrur-nya dan akan terasa sangat empuk. Tempe maupun perkedel pun selalu tersedia untuk menemani ketika menyantap nasi gandul.

Kadar yang cukup tinggi dari lemak yang ada di "jeroan" atau "bagian dalam perut sapi" memberikan rasa yang lezat namun berkolesterol tinggi. Santan yang menjadi bagian dari kuah juga harus hati-hati untuk penderita asam urat tinggi.

Related Posts by Categories

18 comments:

Obat Sakit 2011 mengatakan...

ada jeroannya juga ya gan

myone1way mengatakan...

Obat Sakit 2011 : hati2 aja gan, siap2 obat dech...

hika-host mengatakan...

jadi pengen makan nih

Ijin blogwalking ya GAn

myone1way mengatakan...

hika-host : main dunk sob k pati...

Deny Arya Wiranata mengatakan...

waduh enaknya itu pake daun pisang gitu. Paling seneng aku liatnya. Andaikan saja ada di Kapuas kota saya waduh .. :)

Obat Sakit 2011 mengatakan...

pasti enak gan rasanya

myone1way mengatakan...

Deny Arya Wiranata : main-mainlah ke jawa sob...
Obat Sakit 2011 : pasti enaknya gan

must_once mengatakan...

Maknyuzzz...... pernah kucoba sekali he he he waktu di jogja

myone1way mengatakan...

must_once : ada juga tho di jogja sob...

Iwan mengatakan...

Maknyos infonya bro...

myone1way mengatakan...

Iwan : tq bro...

Made Budi mengatakan...

Kapan2 pengen nyoba ah, kalo mampir ke Semarang singgah dulu ke Pati ;)

myone1way mengatakan...

Made Budi : di semarang aja juga koq sob...

rumput dan ilalang mengatakan...

temenku ada yg tinggal di Pati, tapi gak pernah ngajakin kuliner hehehe....akhirnya cuma menelan lidah doang....

myone1way mengatakan...

rumput dan ilalang : minta dibawain aja sob...pke ngancem.com

rumput dan ilalang mengatakan...

patut di coba makyuuuusnya..

rumput dan ilalang mengatakan...

temenku ada yang dari Pati, tp gak pernah ngajakin makan nasi Gandul hehehehe....

myone1way mengatakan...

rumput dan ilalang : wajib sob, kpn2 main ya

Posting Komentar