Selamat Datang di Blog ONE (BLOG DO-FOLLOW), Please leave comment, I will follow you...100% guarante!!!!!!!ALON-ALON ASAL KELAKON

Selasa, 24 Mei 2011

Pulau di Indonesia yang belum pernah merasakan gempa


Jepang sejak jaman dahulu dikenal sebagai Negara gempa karena intentitas gempanya yang sering sehingga menjadikan penduduk di Jepang sudah terlatih untuk menghadapi keadaan darurat ketika gempa tiba. Penduduk Jepang tidak akan lari ketika gempa terjadi, mereka akan berlindung di tempat yang kokoh seperi di bawah meja maupun benda-benda yang bisa melindungi dari reruntuhan akibat gempa.

Beberapa tahun kebelakang hingga sekarang Indonesia tidak terlepas juga dari gempa bumi, mulai dari gempa di Aceh yang berakhir tsunami dahsyat, Jakarta, Tasikmalaya, Papua, Yogyakarta, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Toli-toli, Sulawesi Tengah dan Padang, hingga yang terbaru adalah gempa di Cilacap. Semua pulau di Indonesia sudah hampir rata pernah merasakan dahsyatnya gempa akibat tumbukan lempeng bumi yang kemudian runtuh dan bergeser. Rentetan gempa tersebut tak terlepas dari posisi wilayah Indonesia yang berada di Ring of fire (lempeng tektonik) yang aktif bergerak.

Dari sekian pulau di Indonesia, ada sebuah pulau besar yang belum pernah merasakan getaran gempa bumi, pulau tersebut adalah Kalimantan. Pulau Kalimantan hanya berdekatan dengan lempeng gempa yang berada di selat makasar, itupun hanya sebagian pulau Kalimantan yang berada di luar sehingga potensi gempa di Kalimantan sangat kecil yang bahkan hingga hari ini belum pernah merasakan gempa bumi. Mudah-mudahan retakan-retakan lempengan bumi tidak menjalar sehingga Indonesia tidak banyak diguncang gempa bumi.

Daerah rawan gempa tersebut membentang di sepanjang batas lempeng tektonik Australia dengan Asia, lempeng Asia dengan Pasifik dari timur hingga barat Sumatera sampai selatan Jawa, Nusa Tenggara, serta Banda. Kemudian interaksi lempeng India-Australia, Eurasia dan Pasifik yang bertemu di Banda serta pertemuan lempeng Pasifik-Asia di Sulawesi dan Halmahera, terjadinya gempa juga berkaitan dengan sesar aktif. Di antaranya sesar Sumatera, sesar Palu, atau sesar yang berada di Papua. Ada juga sesar yang lebih kecil di Jawa seperti sesar Cimandiri, Jawa Barat.

Akibat seringnya terjadi gempa lalu, sekarang penduduk Indonesia sudah mulai terbiasa dan tidak panic ketika terjadi gempa bumi, walaupun kadang-kadang isu tsunami setelah gempa membuat warga panic.

Related Posts by Categories

16 comments:

BagiBagiBlog mengatakan...

SALAM PERSAHABATAN BOSS!!!
Waah,,,Ternyata cm Pulau KALIMANTAN aja Ya yang AMAN dr GEMPA!!! Kalo yg LAINnya msh dGUNCANG GEMPA!!!
Waah..Waaah.,..Waaah....
Pindahaja Kaleee yach....Hehehee

fajarkriss mengatakan...

we,,, bagus juga ya,,

myone1way mengatakan...

BagiBagiBlog : klo mo pindah masih banyak tempat sob...aman deh ntar disiapin
fajarkriss : pasti bagus sob...

Harry mengatakan...

Mantapp Bro, kebetulan ane orang Kalimantan nih, Bravo Kalimantan :)

teguh mengatakan...

pindah k kalimantan z nyok

must_once mengatakan...

Dari dulu Kalimantaan aman cz jauh dari zona pertemuan lempeng.

Anonim mengatakan...

ane orang kalimantan tpi ane pernah 2 kali ngerasain gempa

myone1way mengatakan...

Harry : kalimantan mana nich bro ...?
Teguh : masih banyak tempat tersisa bro...
Must_once : tul pak
Anonim : tahun berapa tuch pak ?

Anonim mengatakan...

Dulu Kalimantan mungkin tidak pernah merasakan gempa, tp thn 2004 & 2005, tepatnya di Balikpapan pernah turut merasakan gempa. Bahkan Tarakan dan kota Tj Redeb jg turut pernah merasakan. Itu sebabnya, perusahaan Asuransi di sini (khususnya Balikpapan) pada saat ini jg memasukan gempa sbg salah satu jaminan dr resiko yg diakibatkannya.

adhi wardhana mengatakan...

Makanya Bro, Kita Pindahkan Ibu KOta di Kalimantan aja. Sekalian pusat perdagangan di pindah ke sana. siapa setuju? ayo ayo

myone1way mengatakan...

Anonim : itu mungkin gempa dari sulawesi sob yang ada patahan, lihat peta deh...klo di kaltim tahun 2007, klo pun ada pasti efeknya juga kecil tuh sob...
adhi wardhana : kayaknya masih banyak PR tuh sob buat kaltim klo mo pindahin ibukota...

WINDEARTFLY mengatakan...

saya juga orang KAlimantan. bersyukur ga ada gempa sampai saat ini.. :D

Anonim mengatakan...

Amaziiig

myone1way mengatakan...

WINDEARTFLY : mudah2an g akan ada gempa sob
Ghe o Ghe : tul gan

Anonim mengatakan...

wahhh.... beruntungnya aq ditempatkan sang maha pencipta di borneo q tercinta...
hihii..
semoga deh benar2 terhindar dri sgala marabahaya bencana alam untuk sekarang dan seterusnya, agar indonesia masih mempunyai daerah yg aman.. :)
amiinn..

Unknown mengatakan...

Klimantan itu emang tidak pernah kena gempa besar paling kecil 1.2 SK dan 2 detik sudah hilang getarnya saya kalteng waktu 2016 merasaknya,

Posting Komentar